Media Komunikasi FPIPS
Vol. 22 No. 2 (2023)

Kajian Self Awareness dan Strategi Belajar Bencana Erupsi Gunungapi Merapi Peserta Didik di SMP Muhammadiyah Muntilan

Aninda Putri Ariyanti (Unknown)
Isna Fitriana (Unknown)
Zahra Alleyda (Unknown)
Alwi Dwi Rahmadi (Unknown)
Muhammad Syafarudinnoor (Unknown)
Ratih Puspita Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

pada lokasi rawan bencana erupsi Gunungapi Merapi. Dikarenakan lokasinya ini tentunya seluruh komunitasi sekolah memerlukan kewaspadaan terhadap bencana erupsi Gunungapi Merapi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis self awareness dan strategi belajar peserta didik terhadap bencana erupsi Gunungapi Merapi di SMP Muhammadiyah Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif yang menggunakan sampel sebanyak 192 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan peserta didik SMP Muhammadiyah Muntilan memiliki self awareness yang cukup baik namun belum memiliki kesadaran untuk mengembangkan self awareness dalam kehidupan sehari-hari. Strategi belajar peserta didik SMP Muhammadiyah Muntilan dalam mempelajari bencana erupsi Gunungapi Merapi yaitu berkonsentrasi pada proses pembelajaran, memiliki manajemen waktu, memotivasi diri, memiliki strategi mengerjakan soal ujian, memproses informasi melalui berbagai sumber, mencari ide-ide pokok materi, mencari referensi di perpustakaan, dan menggunakan alat bantu belajar sehingga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mempelajari bencana erupsi Gunungapi Merapi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MKFIS

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Media Komunikasi FPIPS publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, teachers, and academic community research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and study contained in the journal accommodate manuscripts on integrated elementary to high ...