PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Vol. 3 No. 1 (2021): FEBRUARY

Meningkatkan Penanaman Karakter Sopan Santun Peserta Didik Pada Materi Adab Bertamu Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Di Kelas V MIS Muhammadiyah Purworejo

Safitri, Diana (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan karakter sopan santun pada peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) materi adab bertamu mata pelajaran Akidah Akhlak bagi peserta didik kelas V MIS Muhammadiyah Purworejo Gemolong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus di MIS Muhammadiyah Purworejo Gemolong. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dari penelitian ini adalah fase C MIS Muhammadiyah Purworejo Gemolong Tahun Ajaran 2020/2021, yang terdiri dari 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berhasil meningkatkan penanaman karakter sopan santun peserta didik pada materi Adab Bertamu. Sebelum diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) penanaman karakter peserta didik secara klasikal masih minim yaitu sebanyak 28,57% dari seluruh peserta didik yang memiliki karakter sopan santun yang baik. Setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tersebut pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 62,9% dan pada siklus II terjadi peningkatan lebih baik lagi yaitu sebesar 75,25% sehingga sudah terlihat bahwa peserta didik menunjukkan karakter sopan santun yang lebih baik lagi. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena modep pembelajaran ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pekerti

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, ...