PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Vol. 3 No. 2 (2021): AUGUST

PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MARKET PLACE AKTIVITY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA MATERI MENGHADIRKAN SALAT DAN ZIKIR DALAM KEHIDUPAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 3 KABUPATEN GOWA

Nuraida (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi menghadirkan sholat dan zikir dalam kehidupan melalui metode Market Place Actuvity. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik pada fase D di SMP Negeri 3 Barombong tahun ajaran 2020-2021 dengan jumlah peserta didik 20 orang. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan Dokumentasi. Dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Maka hasil penelitian sebelum menggunakan metode Market Place Activity hanya 5 orang atau 25%  peserta didik yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 62,0. Setelah diterapkan metode tersebut pada siklus I terdapat 10 orang atau 50 % peserta didik yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68,65 dengan ketuntasan klasikal 50%. Dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 17 orang atau 85% tuntas dalam pembelajaran dengan nilai 84.0. Paeserta didik sangat antusias dalam pembelajaran karena metode ini melibatkan siswa berperan aktif sesuai dengan pengalaman sehari-harinya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pekerti

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, ...