Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 6, No 2 (2023): September 2023

Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Pemahaman Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan

Silalahi, Taruli Marito (Unknown)
Limbong, Winny Sunfriska (Unknown)
Hutagaol, Robinson (Unknown)
Pangaribuan, Yetty Rosmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan kelas IV SD Swasta Melbourne. Jenis penelitian ini adalah  kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian adalah kelas siswa kelas IV berjumlah 22 di SD Swasta Melbourne. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa test soal uraian dan lembar observasi. Sebelum digunakan test terlebih dahulu divalidasi oleh ahli dan dilakukan uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif terhadap pemahaman matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan kelas IV SD Swasta Melbourne. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Berdasarkan tabel uji t, diketahui bahwa nilai sig.(2-tailed) untuk nilai Pre test dan Post test adalah sebesar 0,001 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.  Hal ini juga terlihat dari hasil posttest, nilai rata-rata  kelas yang menggunakan media gambar memperoleh  90,72 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 75

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...