Permasalahan yang ditemukan berdasarkan hasil wawancara dan observasi menunjukan bahwa pada mata pelajaran ipa pembelajaran yang dilakukan yaitu pembelajaran konvensional, sumber belajar yang digunakan buku paket/cetak serta pemberian Quiz online yang kurang interaktif sehingga berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Scramble berbantuan media video animasi dilengkapi LKPD Quiz berbasis games terhadap hasil belajar di SMP Negeri 2 Waingapu. Jenis penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif komparatif. Terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun tahapan penelitian : persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian. Sampel dalam penelitian ini peserta didik kelas VII D yang dijadikan sebagai kelas kontrol sebanyak 32 orang dan Kelas VII F sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 orang. Teknik dan instrumen pengambilan data yang digunakan adalah tes dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas dan homogenitas, pengujian hipotesis yaitu uji parametrik (Uji-T sampel dependent) mengunakan SPSS. Hasil penelitian dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata kelas kontrol 51,56 (pretest), 64,69 (posttest) dan kelas eksperimen nilai rata-rata yang peroleh 59,06 (pretest), 74,69 (posttest). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji dependent sampel t test yang memiliki nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,000 artinya nilai tersebut 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Scramble berbantuan media video animasi dilengkapi LKPD Quiz berbasis games berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII F yang merupakan kelas eksperimen di SMP Negeri 2 Waingapu
Copyrights © 2023