Journal of Islamic Education
Vol 2, No 1 (2020): Edisi Januari-Juni

PENGARUH MODEL SAVI DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP ENERGI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BOGOR KABUPATEN BOGOR

fadil, khaidir (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pengaruh model SAVI terhadap penguasaan konsep siswa pada materi energi dan keterampilan proses sains. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan teknik purposive sampling. Subyek dalam penbelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 2 Bogor yang berjumlah 149 dan terpilihlah kelas IVD sebagai kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran menggunakan model SAVI dan kelas IVA sebagai kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional berupa ceramah dan penugasan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Jenis analsis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji- t dengan bantuan komputer program SPSS versi 23. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model SAVI terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep energi di MIN 2 Bogor Kabupaten Bogor.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JOURNAL OF ISLAMIC EDUCATION is a Journal of Islamic Education Research published twice a year by Postgraduate UIN Maulana Malik Ibrahim Malang As a medium of socialization, discussion and information about issues around the world of Islamic ...