JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Vol 8, No 2 (2023): VOLUME 8 NUMBER 2 SEPTEMBER 2023

Representasi Perempuan dan Relasi Kuasa dalam Tayangan Youtube Narasi Newsroom “Menguak Sisi Lain Mentoring Poligami Berbayar” Berdasarkan Perspektif Michel Foucault"

Wulandari, Putri Ayu (Unknown)
Hartono, Hartono (Unknown)
Efendi, Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini fokus pada fenomena representasi perempuan dan relasi kuasa perempuan yang terpinggirkan dalam Channel YouTube Narasi Newsroom dengan judul “Mengungkap Sisi Lain Pendampingan Poligami Berbayar” yang diunggah pada 16 November 2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk memperoleh data yang akurat , serta suatu data yang mengandung makna. Penelitian ini menggunakan sumber data dari tayangan YouTube Narasi Newsroom dengan judul “Mengungkap Sisi Lain Pendampingan Poligami Berbayar”. Sedangkan data dalam penelitian ini berupa kutipan dialog yang memuat permasalahan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catat. Langkah-langkah dalam teknik pengumpulan data antara lain (1) menonton video tersebut secara berulang-ulang untuk menemukan dan memahami relasi kekuasaan yang terdapat dalam video tersebut; (2) mengidentifikasi bentuk-bentuk kekuasaan di Channel YouTube Narasi Newsroom. Hasil penelitian yang diperoleh Kyai Hafidin mengatakan bahwa praktek poligami merupakan salah satu bentuk untuk kebutuhan seksual saja, namun dalam Islam yaitu tujuan Nabi SAW melakukan poligami adalah untuk kepentingan pembuktian bahwa poligami dilakukan bukan pada remaja putri melainkan pada wanita janda. sudah memasuki usia lanjut dan tidak hanya mengikuti nafsu biologisnya saja, berbeda dengan kebanyakan perilaku poligami yang terjadi saat ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JP-BSI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JP-BSI), publishes research-based articles in the field of language, literature, and learning. It is published twice a year, namely in March and September. The scopes of the topics include, but not limited to: 1) Foreign language learning, Indonesian ...