Penggunaan Game Edukasi menjad hal yang menarik untuk diterapkan di sekolah karena memberikan dampak yang positif dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan game edukasi berbasis software macromedia flash untuk membantu siswa SMP di Tangsel dan Jakarta dalam meningkatkan kemampuan belajar bahasa Indonesia.  Game edukasi ini bisa menjadi valid dan efektif, serta dapat diterapkan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia, karena menciptakan situasi belajar yang menyenangkan, memberi pemahaman materi lebih mudah, dan menambah pengalaman belajar siswa, serta memerlukan waktu yang tidak panjang bagi guru dalam menyampaikan materi. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kevalidan game edukasi berbasis software macromedia flash berdasarkan ahli materi dan ahli media mendapatkan rata-rata persentase sebesar 95% dengan kriteria “sangat valid” (2) keefektifan game edukasi berbasis software macromedia flash berdasarkan respon siswa mendapatkan persentase 94,8% yang termasuk kriteria “sangat praktis”.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023