Nusantara Journal of Behavioral and Social Science
Vol. 2 No. 2 (2023)

Pengaruh penggunaan metode jigsaw terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas III SD negeri 1 Tanjung Agung Kecamatan Kedamaian Kota Bandarlampung

Febriani, Febriani (Unknown)
Tohir, Ahmad (Unknown)
Qomario, Qomario (Unknown)
Mukhlis, Hamid (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunan metode Jigsaw terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas III SD Negeri 1 Tanjung Agung Kecamatan Kedamaian Kota Bandar Lampung Tahun 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 27 siswa kelas III A menggunakan sampel total. Penelitian ini dilakukan selama 5 kali pertemuan dengan pretest dan postest dimulai pada tanggal 7 september sampai tanggal 22 Januari 2023. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan studi pengaruh karena ingin memperoleh ada tidaknya pengaruh penggunaan metode jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan analisis uji regresi linier sederhana. Hasil analisis statistik regresi linier sederhana dengan perolehan rhitung =3,434> ttabel = 2,060 dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian menunjukkan bahwa semakin baik penerapan metode jigsaw, maka semakin baik pula hasil belajar yang terbukti adanya pengaruh positif metode jigsaw terhadap hasil belajar IPA.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

njbss

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences Other

Description

Nusantara Journal of Behavioral and Social Science (NJBSS) targets all the current and future prospective of research in the behavioral and social sciences. The journal accepts all types of articles such as research articles, case reports, reviews, commentary and short communications etc., ...