Metode Problem Based Learning berguna untuk meningkatkan kekreatifan siswa dalam berpikir dan meningkatkan kekompakan antar siswa dalam membuat keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fiqih di MA Al- Asy’ari Keras, serta faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Metode Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fiqih di MA Al- Asy’ari Keras. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan jenis penelitian case study research. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fiqih MA al-Asy’ari Keras diwek Jombang berhasil mewujudkan siswa yang kreatif dan kritis dalam berpikir, mampu menyelesaikan masalah dengan mengambil keputusan dari banyaknya pendapat, bisa saling menghargai perbedaan pendapat satu sama lain dan metode ini berhasil untuk dijadikan sebagai cara belajar yang membuat siswa aktif, berkolaborasi dan mudah memahami materi yang diajarkan. Adapun faktor pendukung yakni adanya sarana dan prasarana, kekreatifan guru dan kondisi lingkungan. Sedangkan faktor penghambat yakni siswa kesulitan dalam memunculkan ide-ide dalam memecahkan masalah, pemahaman siswa yang berbeda-beda dan ketersediaan waktu yang sedikit dan singkat.
Copyrights © 2023