Jurnal Pendidikan Terapan
Vol 1, No 2, May (2023)

Efikasi Diri Siswa EFL Indonesia Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Tahun Penerapan PBI 2017 1.2)

Surianto Mappangara (Universitas Negeri Makassar)
Heriyanto Ali (Universitas Negeri Makassar)
Darmawati (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
29 May 2023

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi dampak efikasi diri terhadap prestasi belajar dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL) di Indonesia, dengan fokus pada enam mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2017 PBI 1.2 di UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara tingkat efikasi diri dan prestasi belajar mahasiswa. Siswa dengan indeks prestasi tinggi cenderung memiliki efikasi diri yang tinggi, tercermin dalam kepercayaan diri mereka saat menjawab pertanyaan dan dalam pemahaman akan sumber-sumber efikasi diri, seperti pengalaman dan kondisi fisiologis. Di sisi lain, mahasiswa dengan indeks prestasi sedang juga memiliki tingkat efikasi diri yang tinggi, terutama dalam konteks kepercayaan diri saat menjawab pertanyaan, meskipun sumber efikasi diri mereka mungkin berbeda. Penelitian ini merekomendasikan upaya untuk meningkatkan efikasi diri mahasiswa sebagai aspek penting dalam mengatasi tantangan akademik di perguruan tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JUPITER

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Terapan (JUPITER) is an open scientific forum for educational researchers,scholars and practitioners. This open access journal publishes articles related to the research results in the field of education. The journal seeks to digest innovations, issues and trends in educational ...