Penelitian ini mengeksplorasi dampak efikasi diri terhadap prestasi belajar dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL) di Indonesia, dengan fokus pada enam mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2017 PBI 1.2 di UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara tingkat efikasi diri dan prestasi belajar mahasiswa. Siswa dengan indeks prestasi tinggi cenderung memiliki efikasi diri yang tinggi, tercermin dalam kepercayaan diri mereka saat menjawab pertanyaan dan dalam pemahaman akan sumber-sumber efikasi diri, seperti pengalaman dan kondisi fisiologis. Di sisi lain, mahasiswa dengan indeks prestasi sedang juga memiliki tingkat efikasi diri yang tinggi, terutama dalam konteks kepercayaan diri saat menjawab pertanyaan, meskipun sumber efikasi diri mereka mungkin berbeda. Penelitian ini merekomendasikan upaya untuk meningkatkan efikasi diri mahasiswa sebagai aspek penting dalam mengatasi tantangan akademik di perguruan tinggi.
Copyrights © 2023