Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Vol 5, No 1 (2023): Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS I SD MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN

Lovika Ardana Riswari (Universitas Muria Kudus)
Elisa Septiana (Universitas Muria Kudus)
Ramdhani Alifatus Saidah (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Pada umumnya siswa SD kelas rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang rendah. Hal tersebut disebabkan adanya faktor penghambat yang dimiliki siswa yaitu motivasi belajar rendah, kurangnya konsentrasi siswa, dan media pembelajaran yang kurang memadai. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang berada di kelas I SD Desa Payaman dalam menyelesaikan soal matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk biasa maupun soal bentuk cerita. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal. Subjek dalam penelitian ini yaitu 5 siswa kelas 1 SD yang berada di Desa Payaman dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas I SD pada materi penjumlahan dan pengurangan tergolong cukup tinggi. dan terlihat pada kemampuan siswa dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan dan mendapat nilai yang tinggi.Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Matematika, Penjumlahan dan Pengurangan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJOEE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) encompasses original research articles and review articles including: Instruction of elementary education (natural science, social science, mathematics, languages, civics, religion, physical education, and arts), Curriculum of elementary education, ...