Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Vol 5, No 1 (2023): Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)

HUBUNGAN VERBAL BULLYING DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS V SDS ASDU KABUPATEN TANGERANG

Zahra Hanifah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Sa'odah Sa'odah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Sunaryo Sunaryo (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara verbal bullying dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SDS ASDU (Anak Sholeh Dambaan Umat) Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif survei.  Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDS ASDU (Anak Sholeh Dambaan Umat) Kabupaten Tangerang yang berjumlah 37 siswa yaitu kelas V A yang berjumlah 19 siswa dan kelas V B yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Hal tersebut dapat dibuktikan dari pengujian hipotesis yang dilakukan melalui perhitungan koefisien korelasi dengan rumus uji t, dari hasil uji t diperoleh thitung = 3,426 dan ttabel = 1,689, dengan demikian thitung = 3,426 > ttabel = 1,689 berarti signifikan. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka jenis hipotesis diterima, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara verbal bullying dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas V di SDS ASDU (Anak Sholeh Dambaan Umat) Kabupaten Tangerang

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJOEE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) encompasses original research articles and review articles including: Instruction of elementary education (natural science, social science, mathematics, languages, civics, religion, physical education, and arts), Curriculum of elementary education, ...