Journal Of Responsible Tourism
Vol 3 No 1: Juli 2023

STRATEGI MENGANGKAT CITRA JAJANAN LOKAL SEBAGAIPENUNJANG PRODUK PARIWISATA DI DESA LENDANG NANGKA LOMBOK TIMUR

Doni Argian Okta (Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram)
Lalu Yulendra (Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram)
I Ketut Purwata (Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram)
I Wayan Nuada (STIE 45 Mataram)
I Wayan Bratayasa (Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi faktor internal dan eksternal untuk mengangkat citra jajanan tradisional(2) merumuskan alternatif strategi mengangkat citra jajanan lokal yang sesuai untuk Desa Lendang Nangka. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Metode penentuan informan secara purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Analisis SWOT : (1) Matriks Internal Factor Evaluation (IFE) (2) Matriks Eksternal Factor Evaluation (EFE) untuk mengidenifikasi faktor iternal dan eksernal, mengetahui posisi dan merumuskan alternatif strategi mengangkat citra jajanan tradisonal di Desa Lendang Nangka Lombok timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Matriks Internal Factor Evaluation (IFE), yang menjadi kekuatan utama dari Desa Lendang Nangka Lombok timur adalah. Berdasarkan Matriks Eksternal Factor Evaluation (EFE), yang menjadi peluang utama Dengan adanya teknologi yang canggih dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi andalan, serta adanya destinasi wisata di sekitar Desa Lendang Nangka sebagai poin utama untuk di kunjungi, dan memiliki peluang potensi jajanan lokal/tradsioinal sebagai produk wisata yang akan menujang destinasi wisata tersebut, selain itu akan berefek bagi para pelaku UMKM.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JRT

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JRT for Journal Of Responsible Tourism, published by Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Published in two formats, print and online, print version and the online version. Both of which are published in March, July, and November . The scope of the journal studies broadly includes: Hospitality | Any ...