Jurnal Kelola : Jurnal Ilmu Sosial
Vol 6 No 2 (2023): Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial

ANALISIS HASIL BELAJAR DARI IMPLEMENTASI KERANGKA UNDERSTANDING BY DESIGN (UbD) DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Rahmawati, Ade (Unknown)
Astuti, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2023

Abstract

Understanding by Design (UbD) adalah sebuah desain atau kerangka dalam pembelajaran yang diperkenalkan pertama kali oleh Grant Wiggins dan Mc Ticghe. Understanding by Design (UbD) diartikan sebagai sebuah desain pembelajaran yang tujuannya focus pada pencapaian pemahaman siswa secara holistik. Artinya pemahaman yang diharapkan dalam kerangka ini adalah pemahaman yang menyeluruh, bukan hanya sekedar siswa tahu, hapal, ingat, tetapi bagaimana siswa dapat menggunakan pengetahuan itu di kehidupan nyata. Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dari penerapan kerangka Understanding by Design (UbD) dalam pembelajaran di Sekolah. Berdasarkan literasi, penerapan kerangka UbD dalam pembelajaran dinilai cukup berhasil dan efektif. Penulisan artikel ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research) yang dilaksanakan dengan menggunakan literature (Kepustakaan) baik berupa buku, tulisan-tulisan ilmiah, jurnal, atau hasil-hasil penelitian terdahulu. Manfaat yang diharapkan dari penulisan artikel ini adalah untuk menambah wawasan pembaca tentang keefektifan implementasi desain UbD sehingga bisa menerapkannya dalam pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jk

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial (ISSN 2076-0760) is a national open-access journal with rapid peer review, which publishes works from a wide range of fields, including anthropology, criminology, economics, education, geography, history, law, linguistics, political science, psychology, social ...