Economics and Digital Business Review
Vol. 4 No. 2 (2023): February - July

Dampak Mutu Pelayanan Pada Tingkat Rasa Puas Dan Kesetiaan Pelanggan Tv Kabel Di Desa Tempurejo

I Dewa Made Yuda Mahendra (Program Studi Kewirausahaan, Universitas dr Soebandi)
Stivaniyanti Atmanegara (Program Studi Kewirausahaan, Universitas dr Soebandi)
M.Habibullah Arief, Ivan Faris Arifin (Program Studi Kewirausahaan, Universitas dr Soebandi)
Yoanes Advendhoes Dheos Hale, Nico Armando (Program Studi Kewirausahaan, Universitas dr Soebandi)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2023

Abstract

Dari hasil eksperimen, ditemukan bahwa mutu layanan memainkan peran penting dalam meningkatkan rasa puas konsumen TV Kabel Tempurejo Jember. Pelanggan yang puas dengan mutu pelayanan yang diberikan cenderung menjadi pelanggan yang setia. Hal ini menunjukkan bahwa mutu layanan yang baik mempunyai potensi untuk mempengaruhi kesetiaan pelanggan pada TV Kabel Tempurejo Jember. Riset ini juga menjelaskan tentang rasa puas konsumen secara langsung mempengaruhi loyalitas pelanggan. Rasa puas konsumen yang setia dengan produk atau layanan dengan layanan yang diberikan oleh TV Kabel Tempurejo Jember cenderung mempertahankan keanggotaan mereka. Oleh sebab itu, rasa puas konsumen memainkan peran utama dalam pembentukan loyalitas pelanggan. Namun, perlu dicatat bahwa dampak mutu layanan pada kesetiaan pelanggan memiliki dampak yang lebih kuat daripada pengaruhnya pada rasa puas pelanggan. Secara sederhana, meskipun rasa puas konsumen memiliki peran penting, mutu pelayanan yang baik memberikan nilai tambah langsung pada tingkat kesetiaan pelanggan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, manajemen TV Kabel Tempurejo Jember disarankan untuk memberi perhatian khusus pada peningkatan mutu layanan yang diberikan kepada pelanggan. Dengan melakukan upaya tersebut, diharapkan rasa puas konsumen akan meningkat, dan pada akhirnya akan berkontribusi positif pada tingkat kesetiaan pelanggan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics and Digital Business Review, is published by STIE Amkop Makassar in 2020, with registered number ISSN : 2774-2563 (Online), is a peer-reviewed journal published Economics and Digital Business Review published two times a year (January & July) by STIE Amkop Makassar, It provides an academic ...