One of the main qualifications needed by qualified Human Resources to face the challenges of the 21st century is critical thinking skills. Critical thinking skills in learning are still weak, therefore an innovation is needed in learning, one of which is the learning model. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the DIIASE learning model to improve critical thinking skills in physics learning in high school. This research is a development research that uses a 4D development design. The method used was the purposive sampling area method so that 4 schools were obtained, namely SMAN 3 Jember for small and large class trials, while for distribution schools, namely SMAN Mumbulsari, SMAN Jenggawah, and SMAN Ambulu. The test subjects were students of class X SMA. The results obtained were that the DIIASE learning model was declared effective for improving critical thinking skills based on the N-gain value in small class trials 0.68 medium category, large class trials 0.77 high categories, and school dissemination trials 0.71 high categories . The overall average N-gain is in the high category. Salah satu kualifikasi utama yang dibutuhkan oleh Sumber Daya Manusia yang berkualitas untuk menghadapi tantangan abad ke-21 adalah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran masih lemah, oleh karena itu diperlukan sebuah inovasi dalam pembelajaran salah satunya yaitu model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran DIIASE untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran fisika di SMA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan desain pengembangan 4D. Metode yang digunakan adalah metode purposive sampling area sehingga didapatkan 4 sekolah yaitu SMAN 3 Jember untuk uji coba kelas kecil dan besar, sedangkan untuk sekolah penyebaran yaitu SMAN Mumbulsari, SMAN Jenggawah, dan SMAN Ambulu. Subjek uji coba yaitu siswa kelas X SMA. Hasil yang diperoleh yaitu model pembelajaran DIIASE dinyatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis berdasarkan nilai N-gain pada uji coba kelas kecil 0,68 kategori sedang, uji coba kelas besar 0,77 kategori tinggi, dan uji coba sekolah diseminasi 0,71 kategori tinggi. Keseluruhan rerata N-gain berada pada kategori tinggi.
Copyrights © 2023