ABSTRAKRumah sakit yang representatif dapat dilihat dari lokasi, fasilitas, layanan, dan kepuasan dari pasien. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk membuktikan pengaruh lokasi, pelayanan dan kelengkapan fasilitas terhadap kepuasan pasien instalasi rawat jalan di Rumah Sakit Citra Medika Sidoarjo baik secara parsial maupun simultan. Sample yang digunakan adalah 120 pasien instalasi rawat jalan di Rumah Sakit Citra Medika Sidoarjo. Metode analisis yang digunakan melalui pendekatan kuatitatif dengan model korelasi dengan bantuan Software SPSS 25. Hasil penelitian membuktikan bahwa kelengkapan berpengaruh positip dan signifikan terhadap kepuasan pasien instalasi rawat jalan sementara lokasi, kelengkapan fasilitas dan pelayanan tidak ada pengaruh terhadap kepuasan pasien instalasi rawat jalan. Hasil penelitian selanjutnya lokasi, kelengkapan fasilitas dan pelayanan secara simultan tidak ada pengaruh terhadap kepuasan pasien instalasi rawat jalan.Kata Kunci : Lokasi, Kelengkapan Fasilitas, Pelayanan, Kepuasan Pasien. ABSTRACTRepresentative hospitals can be seen from their location, facilities, services, and patient satisfaction. The purpose of this study is to prove the effect of location, service and completeness of facilities on outpatient patient satisfaction at Citra Medika Hospital Sidoarjo either partially or simultaneously. The sample used was 120 outpatient installation patients at Citra Medika Sidoarjo Hospital. The analytical method used was a quantitative approach with a correlation model with the help of SPSS 25 software. The results of this study proved that completeness had a positive and significant effect on outpatient patient satisfaction while location, completeness of facilities and services had no effect on outpatient patient satisfaction. The results of further research on location, completeness of facilities and services simultaneously have no effect on outpatient patient satisfaction.Keywords : Location, Complete Facilities, Services, Patient Satisfaction.
Copyrights © 2023