MEDIA MANAJEMEN JASA
Vol 11, No 1 (2023): MEDIA MANAJEMEN JASA

PENGARUH LOKASI, PELAYANAN DAN KELENGKAPAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN INSTALASI RAWAT JALAN

Anna Kridaningsih (Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto)
Ghozali Ghozali (Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto1)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2023

Abstract

ABSTRAKRumah sakit yang representatif dapat dilihat dari lokasi, fasilitas, layanan, dan kepuasan dari pasien. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk membuktikan  pengaruh lokasi, pelayanan dan kelengkapan fasilitas terhadap kepuasan pasien instalasi rawat jalan di Rumah Sakit Citra Medika Sidoarjo baik secara parsial maupun simultan. Sample yang digunakan adalah 120 pasien instalasi rawat jalan di Rumah Sakit Citra Medika Sidoarjo. Metode analisis  yang digunakan melalui pendekatan kuatitatif dengan model korelasi dengan bantuan Software SPSS 25. Hasil penelitian membuktikan  bahwa kelengkapan berpengaruh positip dan signifikan terhadap kepuasan pasien instalasi rawat jalan  sementara lokasi, kelengkapan fasilitas dan pelayanan tidak ada pengaruh terhadap kepuasan pasien  instalasi rawat jalan. Hasil penelitian selanjutnya lokasi, kelengkapan fasilitas dan pelayanan secara simultan tidak ada pengaruh terhadap kepuasan pasien  instalasi rawat jalan.Kata Kunci : Lokasi, Kelengkapan Fasilitas, Pelayanan, Kepuasan Pasien. ABSTRACTRepresentative hospitals can be seen from their location, facilities, services, and patient satisfaction. The purpose of this study is to prove the effect of location, service and completeness of facilities on outpatient patient satisfaction at Citra Medika Hospital Sidoarjo either partially or simultaneously. The sample used was 120 outpatient installation patients at Citra Medika Sidoarjo Hospital. The analytical method used was a quantitative approach with a correlation model with the help of SPSS 25 software. The results of this study proved that completeness had a positive and significant effect on outpatient patient satisfaction while location, completeness of facilities and services had no effect on outpatient patient satisfaction. The results of further research on location, completeness of facilities and services simultaneously have no effect on outpatient patient satisfaction.Keywords : Location, Complete Facilities, Services, Patient Satisfaction.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MMJ

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Media Manajemen Jasa (MMJ) merupakan media untuk publikasi ilmiah, yang memuat artikel mengenai hasil penelitian, kajian dan pemikiran tentang kumpulan artikel ilmiah tentang studi Manajemen Jasa. Media Manajemen Jasa diterbitkan secara teratur dua kali dalam setahun. Pertama, periode Bulan ...