Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak metode atau sistem Auditory Intellectuality Repetition (AIR) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 03 BP Peliung . Penenlitian ini berjenis eksperimen menggunakan desain Postest Control Group Design dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 03 BP Peliung berjumlah 158 siswa, sedangkan sampelnya siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 berjumlah 64 siswa. Data dikumpulkan melalui tes yang dianalisis dengan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar IPS siswa menggunakan metode AIR di kelas VII SMP Negeri 03 BP Peliung sedang yaitu dari 34 peserta didik terdapat 23 orang atau 67,65% perolehan nilai kategori sedang dengan nilai rata-rata 79,09 dan standar deviasi sebesar 7 ,71. Sementara hasil belajar peserta didik IPS tanpa menggunakan metode AIR di kelas VII SMP Negeri 03 BP Peliung sedang dimana dari 30 siswa terdapat 23 siswa atau 76,67% memperoleh nilai kategori sedang dengan nilai rata-rata 67,90 dan standar deviasi 7,70 . Hasil pnelitian juga menunjukkan terdapat pengaruh metode Auditory Intellectuality Repetition (AIR) terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VII SMP Negeri 03 BP Peliung.
Copyrights © 2023