Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam
Vol 6, No 1 (2023): Pendidikan Islam dan Pembentukan Karakter

Respon Guru PAI Terhadap Gagasan Moderasi Beragama di Sekolah

Amanah, Fatkhiyatul (Unknown)
Sarjuni, Sarjuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menggali informasi lebih lanjut mengenai respon guru PAI terhadap gagasan moderasi beragama di sekolah. Gagasan moderasi beragama memiliki 4 (empat) indikator yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti radikalisme, dan akomodatif kebudayaan lokal. Dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah bagaimana pemahaman guru PAI terhadap gagasan moderasi beragama di sekolah dan bagaimana respon guru PAI terhadap gagasan moderasi beragama di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemahaman guru PAI terhadap gagasan moderasi beragama dan untuk mengetahui respon guru PAI terhadap gagasan moderasi beragama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk memperoleh data di lapangan. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa guru PAI memahami dan menerima konsep moderasi beragama sebagai gagasan yang diterapkan di sekolah, yang memiliki toleransi agar tidak saling menjatuhkan antara agama yang nantinya memicu perpecahan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fikri

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Al-Fikri is a journal of Islamic Education Studies published by the Department of Tarbiyah, Faculty of Islamic Studies, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia. It is a semi annual journal published on February and August to develope the scientific ...