Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman sikap sosial anak di TPA Robbani Indralaya Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas satu orang pendidik, satu orang pengasuh, dan tiga orang tua anak yang dititipkan di TPA Robbani. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan interaktif mencakup pengumpulan data, reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan proses penanaman sikap sosial pada anak dilakukan dengan keteladanan dan pembiasaan. Penanaman sikap sosial anak meliputi sikap percaya diri, menyesuaikan diri, dan bertanggung jawab. Pelaksanaan tahapan penanaman sikap sosial pada anak telah dilakukan dengan baik, namun pada sikap bertanggung jawab belum terlihat hasil yang maksimal. Ditandai dengan respon anak yang melakukan kesalahan ketika ditegur seakan tidak peduli, belum bisa membantu membereskan tempat istirahatnya, dan meninggalkan kegiatan yang sedang dilakukan tanpa menyelesaikannya
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023