ArtikelĀ ini bertujuan untuk mengetahui dampak atau pengaruh dari bermain game online terhadap hasil belajar siswa, mendeskripsikan solusi untuk menghadapi siswa yang kecanduan dalam bermain game online. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, untuk menjaga kualitas data yang diperoleh, peneliti menggunakan trianggulasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecanduan siswa dalam bermain game online adalah kategori sedang, nilai hasil belajar siswa paling dominan dengan nilai 70-79 adalah kategori cukup atau predikat C. Penggunaan waktu bermain game online dalam sehari adalah dua sampai tiga jam dan jenis game online yang dominan dimainkan adalah free fire. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bermain game online tentu menyadarkan pada aktivitas pembelajaran yang harus terus kreatif dan inovatif agar siswa lebih senang dalam pembelajaran. Juga, tanggung jawab orang tua harus dipastikan secara kontiniutas, seperti pengawasan, perhatian, dan kasih sayang.
Copyrights © 2023