Perkembangan sosial anak prasekolah di era modern semakin menurun dikarenakan kebiasaan anak yang lebih memilih menghabiskan waktunya untuk bermain smartphone dari pada berinteraksi dengan lingkungan ataupun bermain bersama teman-temannya. Smartphone bukan hanya digunakan oleh orang dewasa tetapi juga digunakan pada anak-anak hal ini dapat berdampak negatif jika penggunaan yang berlebihan dan berdampak positif apabila digunakan sebagaimana mestinya dibawah bimbingan orang tua. Metode : penelitian ini mengunakan desktiptif korelasi dengan desain penelitian cross-sectional, yang dilakuakan pada bulan maret 2023 dengan jumlah sampel 82 orang yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan Analisis data menggunakan Mann-Whitney Hasil : ada hubungan antara lama pemakaian smartphone dengan perkembangan sosial anak dengan p value pada uji Mann-Whitney adalah sebesar 0.000. Kesimpulan : membuktikan bahwa anak-anak dengan kebiasaan lama pemakaian smartphone kategori lama dapat beresiko mengalami perkembangan sosial tidak sesuai dan belum sesuai hal ini diharapkan orang tua dapat lebih tegas dan memberikan pendampingan dalam memberikan batasan waktu lama dalam pemakaian smartphone.
Copyrights © 2023