Jurnal Adijaya Multidisiplin
Vol 1 No 03 (2023): Jurnal Adijaya Multidisiplin (JAM)

Studi Literatur Implementasi Penyelenggara Sekolah Inklusi di Pedesaan

Yury Ulandary (Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh)
Riza Mahdalena (Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya)
Devira Putri Giana (Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya)
Annafi Al Mutaali (SLB Global School)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penyelenggaraan sekolah inklusi di pedesaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian studi literatur dengan menelaah 9 artikel jurnal terkait implementasi penyelenggaraan sekolah inklusi di pedesaan. Hasil literatur yang telah di review digunakan untuk mengembangkan penelitian ini terkait implementasi penyelenggaraan sekolah inklusi di pedesaan. Hasil penelitian menunjukkan 50% guru yang tinggal di daerah perkotaan & 50% guru lainnya yang tinggal di daerah pedesaan, menunjukkan bahwa sikap guru terhadap pendidikan inklusif berada pada tingkat sedang hingga baik. Pra-jabatan dan guru kota memiliki lebih banyak sikap positif/menguntungkan terhadap pendidikan inklusif daripada sikap In-service dan pedesaan guru masing-masing. Sebaliknya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara sikap guru laki-laki dan guru perempuan dalam implementasi pendidikan inklusif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jam

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Electrical & Electronics Engineering Engineering Environmental Science Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Adijaya Multidisiplin Jurnal adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Imu Manajemen, Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...