Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penyelenggaraan sekolah inklusi di pedesaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian studi literatur dengan menelaah 9 artikel jurnal terkait implementasi penyelenggaraan sekolah inklusi di pedesaan. Hasil literatur yang telah di review digunakan untuk mengembangkan penelitian ini terkait implementasi penyelenggaraan sekolah inklusi di pedesaan. Hasil penelitian menunjukkan 50% guru yang tinggal di daerah perkotaan & 50% guru lainnya yang tinggal di daerah pedesaan, menunjukkan bahwa sikap guru terhadap pendidikan inklusif berada pada tingkat sedang hingga baik. Pra-jabatan dan guru kota memiliki lebih banyak sikap positif/menguntungkan terhadap pendidikan inklusif daripada sikap In-service dan pedesaan guru masing-masing. Sebaliknya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara sikap guru laki-laki dan guru perempuan dalam implementasi pendidikan inklusif.
Copyrights © 2023