NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 10, No 8 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 2 KOTO XI TARUSAN

Abdul Rahman (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Joni Adison (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Wira Solina (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya peserta didik merasa cemas atau takut gagal dan tidak berani mencoba hal-hal baru, peserta didik mengalami gangguan perhatian dan kesulitan dalam konsentrasi pelajaran, peserta didik mengalami kesulitan dalam membangun hubungan yang baik dengan teman sebaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Profil dukungan sosial teman sebaya peserta didik. 2) Profil penyesuaian diri peserta didik. 3) Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi sebayak 259 orang peserta didik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 175 orang dengan teknik pengambilan sampel propotional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analis data dalam penelitian ini adalah persentase dan korelasi. Hasil penelitian tentang hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri peserta didik kelas XI  di SMAN 2 Koto XI Tarusan mengungkapkan bahwa : 1) Profil dukungan sosial teman sebaya peserta didik berada pada kategori baik. 2) Profil penyesuaian diri peserta didik berada pada kategori baik. 3) Terdapat hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri peserta didik dengan korelasi cukup kuat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...