Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya peserta didik merasa cemas atau takut gagal dan tidak berani mencoba hal-hal baru, peserta didik mengalami gangguan perhatian dan kesulitan dalam konsentrasi pelajaran, peserta didik mengalami kesulitan dalam membangun hubungan yang baik dengan teman sebaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Profil dukungan sosial teman sebaya peserta didik. 2) Profil penyesuaian diri peserta didik. 3) Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi sebayak 259 orang peserta didik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 175 orang dengan teknik pengambilan sampel propotional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analis data dalam penelitian ini adalah persentase dan korelasi. Hasil penelitian tentang hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri peserta didik kelas XI di SMAN 2 Koto XI Tarusan mengungkapkan bahwa : 1) Profil dukungan sosial teman sebaya peserta didik berada pada kategori baik. 2) Profil penyesuaian diri peserta didik berada pada kategori baik. 3) Terdapat hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri peserta didik dengan korelasi cukup kuat.
Copyrights © 2023