NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 10, No 5 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BEHAVIOR DALAM MENUMBUHKAN SIKAP DISIPLIN SISWA PASCA COVID-19 DI SDIT CAHAYA RABBANI

Ebi Fernandes (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup,)
Deri Wanto (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup,)
Hendra Harmi (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup,)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran perilaku dalam menumbuhkan disiplin siswa di SDIT Cahaya Rabbani pada era pasca Covid-19. Pandemi Covid-19 telah mengganggu sistem pendidikan di seluruh dunia, sehingga memerlukan adopsi pendekatan baru dalam pengajaran dan pembelajaran. Nilai-nilai perilaku seseorang didasarkan pada norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat yang memiliki hubungan dengan Allah SWT dan diri sendiri., Karakter terbentuk dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perilaku. serta orang lain, lingkungan, dan kebangsaan seseorang. Tingkah laku patuh dan patuh seseorang yang menunjukkan kemampuan mentaati peraturan yang telah ditetapkan sekolah merupakan karakter disiplin. Di SDIT Cahaya Rabbani, tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran implementasi dan strategi pembinaan karakter disiplin siswa melalui pembelajaran perilaku pada masa pasca pandemi Covid-19 di SDIT Cahaya Rabbani. di SDIT Cahaya Rabbani.Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berbasis observasi dan wawancara sebagai bagian dari jenis penelitian kualitatif deskriptif. Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan bagian dari metode analisis data. Sekolah, guru PAI, dan wakil kepala sekolah menjadi subyek penelitian ini. Adapun hasil dari penelitian ini ialah bahwa SDIT Cahaya Rabbani telah menerapkan teori pembelajaran behavior dalam upaya menumbuhkan disiplin siswa, melalui kegiatan-kegiatan dan program yang telah disusun dalam bentuk buku penghubung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...