Penelitian ini didasarkan karena pada saat pembelajaran daring gambar teknik mesin dimasa pandemi Covid-19 di SMK Piri 1 Yogyakarta penyediaan bahan ajar masih berupa potongan materi yang berupa file PDF serta tugas pembelajaran melalui Google Classroom. Sumber belajar buku yang hanya dikemas seadanya dan berbentuk file PDF dinilai kurang menarik membuat siswa kurang aktif dan berfikir kritis. Bedasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji kelayakan e-Modul gambar teknik mesin. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dimana akan mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul gambar teknik mesin untuk siswa kelas XI TP di SMK Piri 1 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Subjek pada penelitian ini yaitu ahli materi, ahli media, dan siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Piri 1 Yogyakarta. Objek penelitian yaitu kelayakan e-modul gambar teknik mesin. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023