Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan media televisi di sekolah SMP Negeri 6 Medan. Penelitian ini disusun dengan harapan memberikan kegunaan baik secara teoritis maupun secara praktis. Kemampuan berbicara melalui membawa berita dimedia televisi yang menjadi subjek penelitian. Ini menggunakan dua variabel yaitu kemampuan berbicara sebagai variabel X dan membawa berita dimedia televisi sebagai variabel Y. Hasil kegiatan penelitian membuktikan bahwa siswa yang membawa berita di media televisi mampu mencapai skor tertinggi yaitu 90 dibandingkan dengan siswa yang tidak terbiasa mendengarkan berita di media televisi. Ada hubungan yang signifikan antara peningkatan kemampuan berbicara melalui media televisi siswa kelas IX SMP Negeri 6 Medan Tahun 2021/2022. Hal ini dapat dilihat pada uji hipotesis yang dilakukan pada data yang ditemukan, dimana hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu (0,679 0,300), diharapkan siswa kelas IX SMP 6 Medan mampu untuk membawakan berita viral di media televisi      Â
Copyrights © 2023