Kemampuan membaca tulis Al-qur’an sangat penting dimiliki oleh setiap peserta didik di setiap jenjang pendidikan, terlebih di jenjang Sekolah Dasar yang merupakan awal mula dari semua jenjang pendidikan tersebut. Dengan kemampuan membaca tulis yang baik maka akan tercapai hasil belajar yang baik pula. Namun demikian, kemampuan membaca siswa kelas III SD Negeri Lambangkuning masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan tulis Al-qur’an dengan metode demonstrasi terhadap siswa. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah kelas III yang berjumlah 17 siswa dengan meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan dan tes. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase kemampuan membaca siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 hanya 46,9% dan siklus ke II naik menjadi 100% siswa dikatakan tercapai dengan IDK peneliti tentukan yakni 75%. Peningkatan ini berhasil dicapai karena Peneliti melakukan perbaikan pembelajaran pada aspek media pembelajaran, metode pembelajaran dan model pembelajaran. Dalam hal ini peneliti menggunakan media kertas folio dengan huruf, metode yang digunakan adalah demonstrasi dan model pembelajaran yang digunakan adalah cooperative learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi berbantu media kertas folio dengan huruf meningkatkan kemampuan membaca dan meulis al-qur’an siswa SD Negeri Lambangkuning Tahun Pelajaran 2023
Copyrights © 2023