Pendidikan karakter islam merupakan pola pendidikan yang melibatkan keteladanan guru untuk membiasakan kebiasaan baik pada peserta didik. Hal tersebut terhalangi dengan adanya pendidikan jarak jauh akibat pandemi. Melalui penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter pada peserta didik pasca pandemi Covid-19 di SMAN 01 Bantan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari empat guru, empat orang tua wali, dan empat siswa kelas satu di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Bantan. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik induktif interaktif. Sehingga diperoleh hasil yaitu dengan melakukan kolaborasi dengan orang tua pihak sekolah masih bisa menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik seperti mampu menanamkan nilai religius, kedisiplinan, tanggung jawab, kerja keras, mandiri, kerja keras dan jujur. Hal tersebut diusahakan dengan membuat program-program khusus pasca pandemi COVID-19 yaitu salat duha, membantu orang tua, tilawah dan hafalan alquran, shalat berjamaah serta olahraga
Copyrights © 2022