TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial
Vol 2, No 02 (2023): Vol. 02. No. 02 2023 (September)

BUDAYA RITUAL LARUNG SEMBONYO YANG DITINJAU DARI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER

Samudra, Bayu (Unknown)
Khusna, Nur Isroatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2023

Abstract

ABSTRAKIndonesia akhir-akhir ini mendapatkan sebuah permasalahan yaitu menurunya nilai-nilai karakter pada masyarakat. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara memanfaatkan kebudayaan, kebudaan lokal dapat dijadikan sebagai media penerapan pola pendidikan karater. Larung Sembonyo adalah sebuah kebudayaan lokal yang harus dijaga dan dilestarikan. Larung Sembonyo merupakan budaya lokal yang mempunyai nilai pendidikan karakter di dalamnya. Pendidikan karakter yang ada didalam budaya larung semboyo mengajarkan tentang ciri khas Bangsa Indonesia itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan karakter apa yang ada pada budaya Larung Sembonyo. Pembahasan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari pembahasan ini bahwa pada kegiatan budaya Larung Sembonyo memiliki manfaat untuk menciptakan sebuah karakter yang selarang dengan Bangsa Indonesia, dalam hal ini budaya Larung Sembonyo memiliki beberapa nilai pendididkan karakter yang diantaranya adalah karakter religius, toleransi, peduli sosial dan kreatif. Nilai pendidikan karakter yang ada didalam budaya Larung Sembonyo dapat dilihat dari awal hingga akhir budaya tersebut dilaksanakan. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk mendidik sebuah karakter bangsa yang berkualitas berbasis budaya kearifan lokal.Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Larung Sembonyo, Kearifan Lokal

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TsN

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

The Tsaqifa Nusantara is an open-accessed journal served as a medium of publishing scientific articles by Department of Tadris IPS, Faculty of Education and Teacher Training UIN Sultan Syarif Kasim Riau. The articles, which are published by this journal are the outcomes of researches and the ...