Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karaktersitik soal literasi membaca berbasis AKM di SMA kabupaten Rokan Hilir. Hal ini penting dikarenakan soal tersebut dijadikan acuan untuk melihat kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode content analysis. Data dikumpulkan melalui teknik dokumnetasi yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian yang diperoleh pada aspek level kognitif soal membaca bacaan sudah menggunakan level ketiga yang ditetapkan yaitu menemukan, memahami, dan mengevaluasi teks informasi. Namun demikian, tingkat distribusi kognitif masih belum ideal. Pada aspek ragam soal, bentuk yang digunakan hanya pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, dan isian singkat, sedangkan dua bentuk soal menjodohkan dan deskripsi belum lengkap. Konten teks pada stimulus cenderung menggunakan teks informasi, sedangkan dari segi konteksnya teks berisi hal-hal yang berkaitan dengan personal, sosial budaya, dan saintifik. Berdasarkan kriteria tersebut,
Copyrights © 2023