Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI SHALAT BERJAMAAH MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI

Yuliyanti, Ade (Unknown)
Harja Sutisna, Enju (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

ABSTRAK Pendidikan Agama Islam mencakup tiga aspek knowing yaitu agar peserta didik mengetahui dan memahami ajaran agama, doing yaitu peserta didik dapat mempraktekan ajaran agama dan being yaitu peserta didik menjalani hidup sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi shalat berjamaah terdapat kompetensi dasar 1). Menunaikan shalat wajib sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam 2). Memahami ketentuan shalat berjamaah 3). Mempraktekan shalat berjamaah. Namun pada kenyataannya yang terjadi banyak peserta didik yang mengaku melaksanakan shalat lima waktu secara penuh namun ketika di tes bacaan tidak hapal, materi shalat berjamaah banyak yang tidak paham, tatacara shalat berjamaah yang baik dan benar. Hal ini menunjukan dengan lemahnya kemampuan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PAI pada materi Shalat berjamaah ini dibuktikan dengan data peserta didik kelas VI SD Cibereum 2 banyak yang belum memenuhi ketuntasan belajar (KKM). Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas merupakan bentuk penelitian yang terjadi di dalam kelas berupa tindakaan tertentu yang dilakukan untuk memperbaiki proses belajar mengajar guna meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dari sebelumnya. Adapun hasil data yang di hasilkan dari penelitian ini yaitu Rencana pembelajaran siklus I rata-rata 3,2 atau 80% siklus II rata-rata 4,00 atau 100%. Aktivitas guru siklus I skor rata-rata 3,25 atau 81,25% siklus II skor rata-rata sebesar 3,75 atau 93,75%. Aktivitas siswa Siklus I skor rata-rata 2,75 atau 68,75% siklus II skor rata-rata sebesar 3,25 atau 81,25%. Nilai postes siklus I rata-rata 74 siklus II rata-rata 84. Penerapan metode demontrasi memberikan peningkatam hasil belajar peserta didik terbukti dengan data yang diperoleh dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jfik

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA KUNINGAN [p-ISSN 2774-5473 | E-ISSN 2746-4873] adalah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Islam Al-Ihya Kuningan. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA KUNINGAN akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu keislaman. Artikel yang diterbitkan adalah ...