Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan dalam berbagai bidang, salah satunya yaitu pendidikan. Kemunculan Covid-19 membuat sekolah dilaksanakan secara daring. Hal ini mengakibatkan kegiatan pembelajaran dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi. Salah satunya adalah penggunaan e-learning. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Membuat desain media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika, (2) Mengetahui tingkat kelayakan media e-learning, (3) Mengetahui efektivitas media e-learning terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Untuk mengetahui apakah media layak digunakan maka dilakukan uji validasi ahli media dan materi. Penelitian pada kelas X Teknik Elektronika 2 diawali dengan observasi awal dan pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel. Kemudian kegiatan belajar menggunakan e-learning berbasis moodle. Terakhir diberikan posttest untuk mengetahui hasil akhir penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-learning yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan hasil persentase uji ahli media sebesar 83.92% dengan kriteria ‘Layak’ dan uji ahli materi sebesar 88.57% dengan kriteria ‘Sangat Layak’. Analisis N-gain memperoleh hasil 0.7 dengan kategori sedang yang menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah pemberian tindakan. Perhitungan hasil akhir dengan uji-t diperoleh thitung = 25.73 dan ttabel 2.03, sehingga hipotesis yang dapat diambil adalah thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dimana dapat disimpulkan bahwa e-learning berbasis moodle efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif. Kata kunci— e-learning, hasil belajar, kognitif, moodle
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022