Edu Elektrika Journal
Vol 11 No 2 (2022): Edu Elektrika Journal

Efektivitas Pembelajaran E-learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Ampelgading

Dita Dwi Apriliyani (Universitas Negeri Semarang)
Dwi Purwanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2023

Abstract

Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan dalam berbagai bidang, salah satunya yaitu pendidikan. Kemunculan Covid-19 membuat sekolah dilaksanakan secara daring. Hal ini mengakibatkan kegiatan pembelajaran dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi. Salah satunya adalah penggunaan e-learning. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Membuat desain media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika, (2) Mengetahui tingkat kelayakan media e-learning, (3) Mengetahui efektivitas media e-learning terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Untuk mengetahui apakah media layak digunakan maka dilakukan uji validasi ahli media dan materi. Penelitian pada kelas X Teknik Elektronika 2 diawali dengan observasi awal dan pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel. Kemudian kegiatan belajar menggunakan e-learning berbasis moodle. Terakhir diberikan posttest untuk mengetahui hasil akhir penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-learning yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan hasil persentase uji ahli media sebesar 83.92% dengan kriteria ‘Layak’ dan uji ahli materi sebesar 88.57% dengan kriteria ‘Sangat Layak’. Analisis N-gain memperoleh hasil 0.7 dengan kategori sedang yang menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah pemberian tindakan. Perhitungan hasil akhir dengan uji-t diperoleh thitung = 25.73 dan ttabel 2.03, sehingga hipotesis yang dapat diambil adalah thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dimana dapat disimpulkan bahwa e-learning berbasis moodle efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif. Kata kunci— e-learning, hasil belajar, kognitif, moodle

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eduel

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Edu Elektrika yang dikelola oleh Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang ini menerbitkan artikel asli dari peneliti, praktisi profesional, maupun tenaga pendidik dari berbagai tingkatan (Dosen maupun Guru) mengenai isu dan tren terbaru yang terjadi secara nasional dan internasional ...