El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 6 No 1 (2023): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV A DI MI AL HUDA RAWASAPI KABUPATEN BEKASI

Gofur, Muhamad Abdul (Unknown)
Alfiyah, Alfiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2023

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas IV A di MI Al Huda Rawasapi Kabupaten Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran serta informasi tentang peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Analisis data diperoleh dari hasil perbandingan antara hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah dilakukannya tindakan. Hasil intervensi yang diharapkan pada penelitian ini adalah setiap siswa mencapai nilai presentase akhir minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata mencapai hasil belajar matematika siswa sebelum dilakukan tindakan adalah 55. Rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I adalah 70 dan rata-rata kemampuan siswa pada siklus II adalah 90. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Sehingga semua subjek penelitian pada assesmen akhir mencapai hasil intervensi tindakan yang diharapkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ElBanar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian STAI Bani Saleh Kota Bekasi, terbit dua kali dalam setahun, Oktober dan April. Jurnal El Banar merupakan media diskusi ilmiah dalam bidang pendidikan dan ...