AbstrakPerkembangan teknologi yang berlangsung dengan cepat membuat mudahnya pertukaran informasi melalui media sosial. Pertumbuhan penggunaan media sosial membawa banyak dampak bagi setiap pengguna jejaring sosial, salah satunya interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan media sosial instagram terhadap interaksi sosial pada mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain korelasional. Jumlah partisipan penelitian berjumlah 105 orang berdasarkan teknik non probability sampling yaitu accidental sampling. Skala yang digunakan terdiri dari skala intensitas penggunaan media sosial dan skala interaksi sosial. Hasil penelitian dengan menggunakan teknik korelasi pearson menunjukkan bahwa terdapat korelasi negatif dan tidak signifikan antara intensitas penggunaan media sosial instagram dengan interaksi sosial. Hal tersebut bermakna tinggi atau rendahnya intensitas penggunaan media sosial instagram tidak berpengaruh terhadap tinggi rendahnya interaksi sosial pada mahasiswa. Interaksi sosial mahasiswa tidak hanya tergantung pada faktor intensitas penggunaan media sosial instagram saja melainkan dipengaruhi juga oleh faktor-faktor lainnya. Kata kunci: Intensitas Penggunaan Media Sosial, Interaksi Sosial, Mahasiswa. AbstractThe rapid development of technology makes it easy to exchange information through social media. The growth in the use of social media has many impacts on every user of social networks, one of which is social interaction. This study aims to determine the relationship between the intensity of Instagram social media use and social interaction among Satya Wacana Christian University students. The research method used is quantitative with a correlational design. The number of research participants was 105 people based on the non-probability sampling technique, namely accidental sampling. The scale used consists of a scale of the intensity of social media use and a scale of social interaction. The results of the study using the Pearson correlation technique show that there is a negative and insignificant correlation between the intensity of Instagram social media use and social interaction. This means that the high or low intensity of using Instagram social media does not affect the level of social interaction. Student social interaction does not only depend on the intensity factor of using Instagram social media, but is also influenced by other factors. Keywords: Social Media Usage Intensity, Social Interaction, Students College
Copyrights © 2023