Jurnal GeoEkonomi
Vol. 14 No. 2 (2023)

E-COMMERCE DAN PROMOSI MEDIA SOSIAL DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN

Ika Kartika (Universitas Catur Insan Cendekia)
Ade Elza Surachman (Universitas Catur Insan Cendekia)
Oktisa Rahayu Tiara Nejal (Universitas Catur Insan Cendekia)
Elisabeth Mariono (Universitas Catur Insan Cendekia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Riset ini menganalisis bagaimana keputusan pembelian dipengaruhi oleh e-commerce dan promosi di media sosial Instagram. Sementara bisnis telah menggunakan e-commerce sebagai alat penting untuk menjual produk mereka secara online, media sosial Instagram telah berkembang menjadi alat promosi yang berguna untuk menjangkau pelanggan potensial. Penelitian ini menggunakan metode survei. 105 mahasiswa Universitas Catur Insan Cendekia menerima kuesioner ini setelah mereka membeli produk Mixue Kesambi melalui platform e-commerce dan akun media sosial Instagram. Analisis dari data ini yakni regresi linier berganda untuk menemukan variabel promosi di Instagram dan variabel e-commerce memengaruhi keputusan seseorang untuk membeli produk. Hasilnya menunjukkan bahwa, secara bersamaan, promosi di Instagram dan e-commerce berdampak positif dan secara signifikan berdampak pada keputusan pembelian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

geoekonomi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal GeoEkonomi, terbitan ini berisi artikel ilmiah bidang Ekonomi yang diterbitkan secara berkala 6 bulanan (dua kali dalam satu tahun pada bulan Maret dan September). Terbit versi cetak kali pertama pada Bulan Maret 2010 (ISSN Print: ...