Abstrak Siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis menjadi sebuah keniscayaan dan sangat diperlukan di era revolusi industri 4.0 dan era society 5.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil dari penerapan model pemrosesan informasi dalam rangka meningkatkan berfikir kritis siswa SMPN 28 Bandung. Model pembelajaran action research dipilih peneliti untuk melihat gambaran dari efektivitas model pembelajaran ini. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa model pemrosesan informasi mampu menunjang tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan parameter dari nilai sebagian besar siswa berada pada kriteria berpikir kritis dan sangat kritis. Berdasarkan temuan ini menegaskan bahwa isu model pembelajaran merupakan hal esensial dalam sebuah proses pendidikan. Dari hasil penelitian yang diperoleh semakin menegaskan informasi penelitian sebelumnya bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dapat dibangun melalui model yang tepat di mana sebelumnya telah dipertimbangkan secara matang. Penelitian ini merekomendasikan kepada guru dalam memilih model pembelajaran pemrosesan informasi dan sebagai guru wajib untuk mengembangkan kemampuan siswa agar dapat berpikir kritisKata Kunci: Model, Informasi, Siswa, Kritis
Copyrights © 2023