Al Tarbawi Al Haditsah
Vol 8, No 1 (2023): Pendidikan Islam

Moral-Spiritual Artikulatif: Muara Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka

Muslihudin Muslihudin (IAIN Syekh Nurjati Cirebon (SCOPUS ID 57728355600))



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan mengidentifikasi nilai-nilai moral yang relevan serta selaras dengan pendidikan agama Islam, baik secara substantif, maupun dari pendekatan pembelajaran yang dipergunakan. Nilai-nilai moral atau karakter tersebut dapat ditanamkan pada diri peserta didik sesuai dengan tugas perkembangan moralnya. MelaluiĀ  studi kepustakaan dengan pendekatan metode dialektika retorik (analitis kritis) ditemukan bahwa sejumlah nilai-nilai karakter yang saat ini menjadi nilai karakter utama seperti tanggungjawab (responsibility) nilai kejujuran (honesty), mengejar keunggulan (pursuit of excellence), rasa hormat (respect) selaras dengan sistem nilai yang dikembangkan dalam pendidikan dan pembelajaran agama Islam, baik secara substantif maupun pendekatan pendidikan yang dipergunakan. Ditemukan juga keselarasan bahwa dimensi pendidikan moral selalu sama yaitu pengetahuan moral (konwledge), keterampilan moral (skill) dan sikap moral (attitude). Dengan dimensi tersebut dapat dikembangkan level of literacy untuk pendidikan moral dimulai dari literasi moral dasar, literasi moral menengah sampai literasi lanjutan yang disebut dengan literasi moral berbasis spiritual (moral-spiritual literacy).Kata Kunci: Moral spiritual; pendidikan karakter; pendidikan agama Islam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah berkala terbuka yang dikelola oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah terseleksi dengan frekuensi penerbitan 2 kali setahun yaitu bulan Juni dan Desember. fokus ...