AbstrakTransformasi sosial era revolusi industri 4.0 ke society 5.0 ini memberikan dampak negatif kepada masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dari pengunaan Gadget yang berlebihan, dan banyak terjadi degradasi moral di kalangan masyarakat. Peserta didik yang merupakan agent of change juga turut terkena imbas dari dampak negatif teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa terkait dengan transformasi sosial society 5.0 melalui perspektif hadis dan urgensi pendidikan Islam dalam mencegah dampak negatif transformasi society 5.0 tersebut. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan sumber data dari buku dan beberapa jurnal. Hasil penelitian ini berupa: Pertama, transformasi sosial society 5.0 sejatinya memiliki kedudukan yang penting untuk mengarahkan masyarakat ke smart society dan mengutamakan interaksi tanpa perbedaan dunia. Kedua, pendidikan Islam merupakan hal yang digunakan sebagai wadah membimbing, dan membantu seseorang menemukan potensi dalam dirinya agar bisa hidup dalam masyarakat. Ketiga, hadis nabi memandang bahwa transformasi sosial society 5.0 adalah suatu hal yang lumrah, namun sebagai umat Islam kita hanya boleh mengambil sesuatu yang bermanfaat dari perubahan tersebut. Keempat, pendidikan Islam memiliki kedudukan untuk menanamkan nilai dan norma agama di society 5.0 ini agar seseorang tidak terbawa dengan dampak negatif dari kemajuan teknologi.Kata Kunci: Transformasi Sosial, Society 5.0, Hadis, Pendidikan Islam.
Copyrights © 2023