Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 5, No 3 (2023)

Pelatihan Praktik Baik Membaca Puisi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SD

Hendratno Hendratno (Universitas Negeri Surabaya)
Heru Subrata (Universitas Negeri Surabaya)
Ulhaq Zuhdi (Universitas Negeri Surabaya)
Sabila Sabila (Universitas Negeri Surabaya)
Lisa Novi (Universitas Negeri Surabaya)
Nurul Istiq’faroh (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Pembelajaran sastra dapat memberikan manfaat bagi siswa dalam memahami nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam suatu karya sastra. Fakta menunjukkan bahwa guru di sekolah dasar, belum memiliki kemampuan yang memadai untuk mengajarkan apresiasi sastra. Dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, praktik baik membaca puisi difokuskan pada metode dan teknik praktis pemahaman konteks terhadap puisi yang dibaca. Tim PKM Unesa telah mengadakan pelatihan praktik baik membaca puisi bagi guru sekolah dasar pada bulan April tahun 2022 dengan peserta guru sekolah dasar se-Kabupaten Magetan sejumlah 40 orang. Pelatihan ini bertujuan membentuk sikap guru dalam menghadapi pembelajaran apresiasi sastra yang masih belum maksimal. Metode yang dilakukan adalah tutorial praktik langsung meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan evaluasi. Hasil pelaksanaan PKM menunjukkan bahwa mitra antusias mengikuti kegiatan PKM yang ditunjukkan dengan hasil penyebaran angket dengan rata-rata kategori sangat baik. Hasil pelatihan praktik baik membaca puisi yaitu adanya peningkatkan kemampuan membaca puisi, stimulasi kreativitas guru, dan peningkatan minat guru terhadap sastra.Learning literature can help students understand the values of life conveyed in literary works. However, facts show that elementary school teachers do not possess adequate skills to teach literary appreciation. In Indonesian language and literature learning, good poetry reading practice focuses on practical methods and techniques for understanding the context of the poems being read. Tim PKM Unesa conducted a training on good poetry reading practice for primary school teachers in April 2022 with 40 participants from primary schools in the Magetan district. The method used was a direct practice tutorial, including preparation, implementation, and evaluation stages. The results of the PKM implementation show that the partners were enthusiastic about participating in the PKM activities with a very good category. The results of good poetry reading practice training include an improvement in the ability to read poetry, stimulation of teacher creativity, and an increase in the interest of teachers in literature.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

btj

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat publishes articles from community service. This Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is periodically published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat published ...