Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 16, No 2 (2023): Oktober - Jurnal Teknologi Pendidikan

STUDI DESKRIPTIF KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL DALAM PENDIDIKAN JASMANI DI SMA

Garciac Febrianto (Universitas Tanjungpura Pontianak)
Indri Astuti (Universitas Tanjungpura Pontianak)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2023

Abstract

Abstrak: Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran video tutorial pada siswa SMAN 1 Mempawah Hilir dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, guru wajib menciptakan kondisi yang mengarahkan siswa untuk aktif dalam belajar yaitu dengan strategi yang inovatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif tentang prilaku aktif belajar anak dalam pembelajaran pendidikan jasmani, yang bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan belajar peserta didik terhadap media pembelajaran video tutorial dalam kelas pendidikan jasmani di SMAN 1 Mempawah Hilir. Metode studi yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Responden dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas XI SMAN 1 Mempawah Hilir.. Pemilihan sampel yaitu dengan metode simple random sampling, yaitu jumlah sampel sebanyak 40 peserta didik. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa berdasarkan angket pernyataan tentang keaktifan belajar terdapat rata-rata persentase dari 6 pernyataan positif sebesar 78%, berdasarkan table kriteria berada pada kategori baik, maka dari itu dapat diambil kesimpulan bahwa siswa kelas XI SMAN 1 Mempawah sebagian besar memiliki prilaku aktif dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Kata kunci : pendidikan jasmani, media pembelajaran video tutorial aktif belajar Abstract: This study was prepared with the aim of determining the learning activity of students using video tutorial learning media for students of SMAN 1 Mempawah Hilir in participating in physical education learning, teachers are required to create conditions that direct students to be active in learning, namely with innovative strategies. This study is a descriptive research on children's active learning behavior in physical education learning, which aims to describe the learning activity of students towards video tutorial learning media in physical education classes at SMAN 1 Mempawah Hilir. The study method used is a quantitative descriptive method. The respondents in this study were students of grade XI SMAN 1 Mempawah Hilir. Sample selection is by simple random sampling method, which is the number of samples as many as 40 students. In this study, it was found that based on the questionnaire of statements about learning activity, there was an average percentage of 6 positive statements of 78%, based on the table of criteria being in the good category, therefore it can be concluded that grade XI students of SMAN 1 Mempawah mostly have active behavior in physical education learning. Keywords: physical education, learning media, video tutorials, active learning

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian, kajian ilmiah dan pengembangan teknologi pendidikan yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan dan pembelajaran ...