Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran card sort terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi ekperimen. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Narmada tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan media card sort memperoleh skor rata-rata 65,81 dan kemampuan berpikir kritis siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran card sort memperoleh skor rata-rata sebesar 59,87, sedangkan untuk hasil belajar yang menggunakan media card sort memperoleh skor rata-rata 83,23 dan yang tidak menggunakan media pembelajaran card sort memperoleh skor rata-rata 74,19. Sehingga dapat dinyatakan media pembelajaran card sort berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Kesimpulannya, ada perbedaan yang signifikan dari kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Narmada tahun ajaran 2022/2023 antara pembelajaran menggunakan card sort dengan pembelajaran langsung.
Copyrights © 2023