Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktikum berbasis riset terhadap keterampilan proses sains siswa. Jenis quasi ekperimen dengan desain Non-Equivalen control grup desain. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Plus Tahfidzul Qur’an Aikmel tahun ajaran 2023/2024. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa untuk nilai Sig. adalah 0.009 < 0.05 sehingga dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan proses sains antara praktikum berbasis riset dengan metode ceramah. Hal itu dapat diamati dari perbedaan yang sangat mencolok dari segi nilai rata-rata yang diperoleh. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata posttest peserta didik adalah 70,5. Pada kelas kontrol nilai rata-rata posttest peserta didik adalah 56,5. Adanya perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah metode yang digunakan. Pada kelas eksperimen menggunakan metode praktikum berbasis riset sedangkan pada kelas kontrol tidak menggunakan metode praktikum berbasis riset.
Copyrights © 2023