JPM (Jurnal Pendidikan Modern)
Vol. 9 No. 1 (2023): Edisi September

Hubungan literasi numerasi terhadap Kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas 5 B MIN 3 Banjarnegara

Khandria Kholifatun (Unknown)
Jumini, Sri (Unknown)
Sugiyanto, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Pendidikan indonesia memiliki tingkat yang rendah terutama dalam hal literasi numerasi hal ini ditandai dengan rendahnya skor PISSA. Padahal dalam literasi numerasi terdapat matematika, dimana matematika adalah ilmu dasar yang mendasar segala pengetaguan dan teknologi. Oleh karena pentingnya literasi numerasi maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan literasi numerasi dengan kemampuan pemahaman konsep matematika. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Adapun analisis data dengan menggunakan uji korelasi porduct moment, uji t, uji koefisiesi determinasi dan analsisis regresi didapatkan bahawa literasi numerasi memiliki hubungan dengan kemampuan pemahaman konsep matematika, dimana literasi numerasi memiliki pengeruh sebesar 23%, dengan pegaruh yang positif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPM (Jurnal Pendidikan Modern) is a journal published by the Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Modern Ngawi, Indonesia. JPM (Jurnal Pendidikan Modern) encompasses research articles, original research report, reviews, and ...