JPM (Jurnal Pendidikan Modern)
Vol. 9 No. 1 (2023): Edisi September

Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SDN 2 Sukorejo Wedi Klaten

Esti Setyawati (Unknown)
Sri Suwartini (Unknown)
Nela Rofisian (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini dilandasi akibat minimnya motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan kurangnya semangat ke sekolah, bosan, dan kurang tertarik saat mengikuti kegiatan belajar di kelas. Peristiwa ini disebabkan oleh kurangnya ketersediaan fasilitas prasarana pendukung belajar, seperti kondisi gedung sekolah yang kurang baik, kondisi ruang kelas, dan keberfungsian perpustakaan yang belum maksimal. Tujuan penelitian ini ialah untuk menyadari dampak ketersediaan fasilitas prasarana pendukung belajar terhadap motivasi belajar siswa di SDN 2 Sukorejo Wedi Klaten. Pendekatan penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto. Populasi penelitian yakni siswa kelas IV, V dan VI sebanyak 43 siswa. Pemilihan sampel dilangsungkan dengan teknik stratified random sampling & banyak sampel menjadi 30 siswa. Pengambilan data dilaksanakan memanfaatkan kuesioner serta dokumentasi. Hasil studi ini menunjukkan nilai signifikansi sebanyak 0,000 lebih kecil dari probabilitas 0,05. Koefisien determinasi dari hasil penelitian ini sebanyak 0,463 yang artinya ketersediaan fasilitas prasarana pendukung belajar di SDN 2 Sukorejo Wedi Klaten memberikan sumbangan positif terhadap motivasi belajar siswa sebesar 46,3%, lebihnya didorong karena faktor lain yang tak termasuk pada penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPM (Jurnal Pendidikan Modern) is a journal published by the Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Modern Ngawi, Indonesia. JPM (Jurnal Pendidikan Modern) encompasses research articles, original research report, reviews, and ...