Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan
Vol. 3 No. 2 (2022): JADKES Edisi Juli 2022

Pemanfaatan Digital Marketing UMKM Berbasis Kearifan Lokal Batik Bogor Melalui Media Sosial

Cahyani, Nani (Unknown)
Effendy, Marwan (Unknown)
Noor, TB. Dicky Faldy Syahid (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2022

Abstract

Program pengembangan UMKM yang diuusulkan dengan mengusung tema pemanfaatan digital marketing UMKM berbasis kearifal lokal batik Bogor melalui media sosial untuk para pelaku usaha dan pengrajin batik yang berada di Kampung Batik Cibuluh memiliki potensi yang luar biasa tinggi dan dapat dikembangkan menjadi suatu produk kerajinan berbasis kearifal local Bogor dan destinasi wisata kota Bogor. Program ini diusulkan berdasarkan adanya permasalahan para pelaku usaha batik yang tergabung dalam komunitas kampung batik Bogor mempunyai pengetahuan dan skills yang kurang memadai terhadap digital marketing sebagai sarana dalam memasarkan produk mereka, sehingga sulit untuk meningkatkan omzet penjualannya. Sementara digital marketing saat ini bisa dikatakan sebagai sarana yang paling utama dalam proses mempromosikan produk. Tujuan dari program kegiatan PKM ini adalah untuk memberikan solusi terhadap permasalahan turunnya omzet di kalangan pelaku usaha batik, melalui pelatihan pemanfaatan digital marketing maka diharapkan para pelaku usaha mampu untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilannya dalam memasarkan produk dan meningkatkan omzet penjualan secara efektif dan efisien, disamping itu kegiatan ini mampu menghasilkan luaran PKM yang dapat digunakan dalam meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar serta berkontribusi secara langsung dalam pembangunan masyarakat Kota Bogor.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jadkes

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan adalah media ilmiah yang independen bagi para Dosen dan Peneliti di bidang Pengabdian Kepada Masyarakat. Terbit dua kali dalam setahun, pada bulan Juni dan Desember. Mempublikasikan hasil-hasil pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam arti luas. ...