Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai Islam dalam pendidikan matematika. Penelitian ini menerapkan studi kepustakaan. Langkah-langkah studi kepustakaan adalah dengan mengkaji sumber-sumber yang ada dalam perpustakaan, meliputi buku, dokumen, jurnal, dan artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mengembangkan siswa dengan karakter, guru harus meningkatkan dan memahami kapasitas siswa mereka untuk memasukkan prinsip-prinsip Islam ke dalam matematika. Dari sudut pandang pendidikan matematika, mengintegrasikan nilai-nilai Islam memerlukan menggabungkan pendidikan matematika dengan prinsip-prinsip Islam, yang akhirnya menghasilkan kesatuan yang bermanfaat. Menumbuhkan rasa percaya diri, tanggung jawab, adil, jujur, dan konsistensi terhadap aturan adalah semua hal yang baik tentang konsep matematika. Pemahaman tentang keesaan Allah SWT dengan konsep limit, pemahaman tentang keberadaan manusia di dunia dengan konsep geometri, dan pemahaman konsep kejujuran dan konsep perkalian, semuanya terkait dengan nilai-nilai Islam.
Copyrights © 2023