Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya hubungan antara kontrol siswa dengan tingkat agresi verbal siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Al-Fudholy Setu Kabupaten Bekasi Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 29 siswa sebagai sampel utuh dengan teknik sampling jenuh. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif korelasional. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah kuesioner kontrol siswa dan tingkat agresi verbal siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi Pearson Product Moment yang dibantu dengan program Microsoft Excel 2013. Hasil penelitian menunjukkan rxy = -0.623 dimana rhitung (-0.623) > rtabel (0.367) pada α = 0.05 hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan negatif antara kontrol siswa dengan tingkat agresi verbal siswa kelas IV di SDIT Al-Fudholy Setu Kabupaten Bekasi sehingga hipotesis diterima, semakin rendah kontrol siswa maka tingkat agresi verbal siswa semakin tinggi begitu juga sebaliknya dengan sumbangan efektif 38.81% yang dipengaruhi oleh variabel bebas dalam penelitian ini dan 61.19% lainnya dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian.
Copyrights © 2023