Wildan
Vol. 2 No. 2 (2023): Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA SISWA SDIT AL-FATH CIBITUNG

Mar'atun Qonita (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran serta informasi tentang peningkatan kemampuan membaca intensif melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2018 sampai dengan 20 September 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Desain intervensi tindakan/rancangan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata pencapaian kemampuan membaca intensif siswa sebelum dilakukan tindakan adalah 61,36%. Rata – rata kemampuan siswa pada siklus I adalah 76,79% dan rata – rata kemampuan siswa pada siklus II 93,21%. Berdasarkan peningkatan prosentase tersebut, maka dinyatakan hipotesis tindakan dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi DRTA dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wildan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Wildan publishes research articles, case reports and review articles. Publications on Wildan cover the following topics: Early Childhood Education. Basic education Mathematics and Science Education. Guidance and Counseling Education. Education technology. Character building. Special Needs Education. ...